Rabu, 04 Maret 2015

BAHAYA / RESIKO KANDANG TERTUTUP (CLOSE HOUSE) YANG SALAH INSTALASI

Clolse house
Kandang tertutup (close house) memang merupakan sistem yang ideal bagi ayam saat ini karena mampu memberikan sirkulasi udara, serta lingkungan mikro yang ideal bagi ayam.
Akan tetapi yang perlu dicermati jika instalasinya tidak tepat atau tidak memenuhi syarat maka akan menjadi bumerang bagi ayam itu sendiri. Adapun trend kasus adalah sebagai berikut :


  • Aliran angin tidak merata, Kondisi ini dapat kita jumpai di muka inlet dan disisi kiri kanan kandang dimana pada daerah ini aliran udara sangat lambat. Efek dari perbedaan kecepatan angin berpengaruh pada suhu efektif yang dirasakan ayam. selain itu, patut dicernmati adanya aliran udara berputar (turbulance). aliran angin ini dapat mendongkrak litter sehingga amoniak dan debu naik ke atas. Biasanya aliran angin seperti in pada shutter yang tidak tertutup sempurna
  • Area Mati, Area mati ini ditandai dengan aliran angin yang sangat minim  dan di area ini letter basah, lembab dan beramoniak tinggi. 
  • Selisih suhu inlet dan Outlet yang tinggi, Biasanya dilapangnan ditemukan selisih suhu dan antara inlet dan outlet  atau suhu detan colling pad dan dekat kipas yang tinggi, perbedaan suhu yang ideal tidak lebih dari 1,5 derajat C.
  • Lubang,  dalam sistem close udara hanya masuk lewat colling pad saja, jika terdapat lubang yang bisa dimasukki udara hal ini dapat mengakibatkan tidak optimalnya close house.



PENGARUH KELEMBABAN, SUHU DAN KECEPATAN ANGIN YANG TINGGI BAGI AYAM

Kelembaban yang tinggi
  • Ayam mengalami heat stress dan mimucu rendahnya feed intake, ayam mengalami leathal gizi dan efek panting pada ayam
Suhu yang tinggi
  • Ayam akan mengalami heat stress, dan berdampat kematian yang tinggi terutama pada ayam broiler siap panen
Kecepatan Angin Tinggi
  • Ayam akan mengalami efek wind chill.

Kami siap membantu anda membangun kandang close serta menyediakan peralatan yang memenuhi standart. 
Jangan ragu konsultasi kepada kami
Hubungi : 082333341149 atau 087861478042

Tidak ada komentar:

Posting Komentar